Di era digital seperti sekarang, semua berjalan semakin cepat. Gawai terbaru dan paling canggih satu tahun lalu sudah terasa ketinggalan zaman dibandingkan dengan gawai yang rilis tahun ini. Informasi yang kita dapat lewat media sosial kemarin terasa seperti berita basi setelah kita baca hari ini.
Contoh-contoh sederhana itu menggambarkan betapa perubahan berjalan begitu cepat. Dalam menghadapi perubahan pun hanya ada dua pilihan yang ditawarkan: Ikut berubah atau tenggelam dan mati tergilas perubahan itu sendiri.
Sadarilah, ada banyak hal yang membuat kita harus berubah.

Zaman Menuntut Perubahan
Pernahkah memperhatikan bagaimana rutinitas sehari-hari berubah jadi tahun ke tahun? Kalau dulu melakukan satu aktivitas bisa menghabiskan banyak waktu, sekarang jadi lebih singkat. Contoh sederhana, menanak nasi. Zaman dulu orang menanak nasi menggunakan panci dan butuh waktu lama. Setelah ditemukan rice cooker, sekarang memasak nasi jauh lebih cepat. Bahkan kini dengan bantuan microwave, kita bisa membeli beras dalam kemasan yang hanya dalam hitungan tiga menit sudah bisa matang. Teknologi-teknologi canggih ini membuat hidup manusia jadi lebih mudah dan jauh lebih efektif.

Perubahan Baik Untuk Perkembangan Diri
Perubahan sangat baik untuk pengembang diri sendiri. Kita tidak mungkin melakukan satu hal yang sama setiap hari seumur hidup tanpa menyesuaikan diri dengan perkembangan. Untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, kita perlu berubah juga. Ketika kita mengubah kebiasaan dan cara berpikir kita, secara tidak langsung mental dan fisik pun akan berubah. Dalam jangka panjang, kita akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Hidup Jadi Lebih Menarik
Bayangkan kalau kita harus melakukan aktivitas yang sama setiap hari sepanjang hari? Pada satu titik akan mencapai titik bosan. Karena itu, orang membutuhkan perubahan. Dengan perubahaan, ada hal baru yang dipelajari dan dilakukan. Rutinitas kita pun jadi berubah. Hidup jadi lebih menarik.

Kita Akan Menemukan Hal Tak Terduga
Lima tahun lalu tak ada orang yang punya tongsis atau melakukan swafoto. Aktivitas baru ini banyak dilakukan orang setelah maraknya ponsel berkamera. Hidup kita jadi berubah karena keberadaan tongsis dan kebiasaan berswafoto. Sekarang setiap orang akan berswafoto sebelum melakukan apa pun. Inilah contoh sebuah perubahan membuat kita menemukan sesuatu yang tak terduga. Ketika melakukan perubahan, kita pasti akan menemukan banyak hal tak terduga. Sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Melatih Diri Menjadi Orang Yang Terbuka
Perubahan secara tidak langsung membuat orang mengubah pola pikirnya, rutinitas, dan pekerjaannya. Orang yang terbiasa pada perubahan akan berkembang menjadi pribadi yang terbuka. Tidak hanya pada ide baru, tapi juga pada orang-orang dengan berbagai karakter di sekeliling mereka. Orang seperti ini sangat dibutuhkan oleh negara kita yang pluralis ini.