Ada kalanya kita merasa hidup seolah berputar hanya di satu titik. Meskipun segalanya berjalan baik dan lancar, tapi rasanya selalu ada yang kurang. Kita tidak sepenuhnya bahagia. Salah satu penyebab timbul perasaan seperti ini adalah hidup yang terlalu "aman".

Bisa jadi kita tumbuh dalam rasa takut salah sehingga kita selalu berusaha melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Jika merasa tak mampu menghasilkan sesuatu secara sempurna, kita memilih menghindarinya sama sekali. Rasa takut akan "tersesat", dicap gagal, atau menanggung malu menjadi momok pikiran. Padahal, setiap hari kita pasti akan menemui ketakutan baru yang harus dihadapi, pengetahuan baru untuk dipelajari, dan pengalaman baru untuk dicoba.


Pernahkah kita berpikir bahwa rasa takut itulah yang membatasi diri kita sendiri? Nyatanya, berbuat salah dan tersesat tak selalu menakutkan seperti yang selama ini kita bayangkan. Justru dari pengalaman "salah" itulah kita bisa banyak belajar dan memperbaiki kehidupan. Saat tersesat, kita hanya perlu memahami dan mencoba mengenal diri sendiri.

Berbuat salah memang seperti sedang tersesat. Tetapi kita akan mendapatkan banyak pengalaman berharga selama menemukan kembali jalan yang benar

Ketika melakukan kesalahan dan terjatuh, jangan terus-terusan meratapi keadaan. Cobalah berdamai dengan situasi yang kita alami. Ketika kita mulai menerima keadaan, dalam perjalanan niscaya kita menemukan jalan yang tepat kembali. Kita akan menemukan teman perjalanan dan kejutan-kejutan lain yang selama ini tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Dari kesalahan itu, kita dapat banyak pengalaman berharga yang belum tentu orang lain bisa mendapatkannya.

Ketika kita melakukan kesalahan dan berani menghadapinya, pikiran kita jadi lebih dewasa dan bijaksana

Berbuat kesalahan tak seharusnya membuat kita terpuruk. Justru sebaliknya, setelah melakukan kesalahan, kita jadi lebih dewasa dan bijaksana dalam memahami berbagai hal yang terjadi dalam hidup di masa-masa mendatang. Kita mulai membuka pikiran lebar-lebar dan melihat berbagai kejadian dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan menyikapinya dengan lebih bijaksana.

Dengan tersesat kita akan tahu siapa diri kita yang sesungguhnya di akhir hari

Sadar atau tidak, kesalahan yang telah diperbuat akan membantu kita melihat dengan jelas apa saja kelebihan dan kekurangan kita. Kesalahan membuat kita mengetahui kelemahan dan sifat buruk yang harus diperbaiki. Dari kesalahan kita juga bisa menemukan potensi dan sisi lain dari diri sendiri yang selama ini tak pernah kita sadari. Kita semakin peka dengan diri sendiri, dan bisa benar-benar memahami seperti apa diri kita yang sebenarnya. Kita akan semakin tahu apa saja yang paling baik buat kita.

Belajar menikmati hidup dengan keberanian

Selalu dihantui oleh rasa takut akan berbuat kesalahan sepanjang hidup justru jauh lebih menakutkan dibandingkan berbuat kesalahan itu sendiri. Ketika kita telanjur melakukan kesalahan, kita akan menyadari jika ternyata yang ditakutkan  tak seburuk dalam pikiran kita selama ini.

Di balik kesalahan yang telah diperbuat, sebenarnya kita sedang belajar untuk ikhlas dan memaafkan.

Pada saat hati kita sudah menerima realita yang tak sesuai dengan apa yang diharapkan, saat itulah kita sebenarnya sedang belajar untuk memaafkan. Kita sedang mencoba untuk ikhlas dan memaafkan situasi yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita juga sedang belajar untuk memaafkan orang lain, dan diri kita sendiri. Tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan Yang Maha Sempurna. Dengan begini, kita akan menjadi pribadi yang lebih pemaaf, ikhlas, dan toleran.
 
Saat kita belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat, ada berbagai pelajaran berharga yang bisa jadi bekal masa depan nanti

Kita akan belajar banyak dari kesalahan-kesalahan hingga membuat cara pandang pun akan berubah.  Melakukan kesalahan bukan suatu kegagalan karena kita telah mempelajari sesuatu yang berharga. Kita akan lebih berani dan tertantang menghadapi kesalahan-kesalahan selanjutnya agar kita belajar dan berkembang untuk jadi lebih baik lagi.

Kesalahan yang kita lakukan bisa menjadi awal dari pintu kesuksesan



Semua hal yang kita lakukan dapat dianggap sebagai suatu kesalahan, tapi semua itu tergantung dari sudut pandang mana kita melihat dan bagaimana kita menyikapinya. Dari sesuatu yang kita anggap sebagai kesalahan besar, bisa jadi hal tersebutlah yang akan mengantarkan pada kesuksesan. Jangan pernah takut melakukan kesalahan, karena dari situlah kita mendapat pelajaran yang berharga berkembang. Ekspektasi kita yang terlalu berlebihanlah yang membuat kesalahan-kesalahan terdengar menakutkan.