Tidak semua orang bisa menerima perubahan. Hanya mereka yang kepribadiannya cukup matang bisa mengerti bahwa perubahan merupakan faktor hakiki dalam hidup, lalu menerimanya secara positif. Maka itu, Perubahan itu Bukan Hanya Sekadar Pilihan. Berikut ini adalah cara praktis untuk menghadapi perubahan:

1. Meskipun sedang menikmati situasi saat ini, jangan lupa bahwa perubahan merupakan bagian yang hakiki dari kehidupan. Kalau kita selalu siap mental menerima perubahan, maka pada saat perubahan itu terjadi hidup akan terasa lebih lancar.

2. Jangan memandang perubahan sebagai akhir dari segala-galanya. Meskipun di sana-sini memang ada perubahan yang sangat berarti, sebagian besar dari perubahan dalam hidup kita sebenarnya cukup halus dan perlahan-lahan. Kalau kita bisa belajar mengantisipasi perubahan, dan mau mengubah cara hidup sehari-hari, kita tidak akan mengalami guncangan emosional kalau menerima perubahan besar.

3. Lihatlah selalu sisi positif dari setiap perubahan situasi. Carilah bagaimana perubahan itu bisa meningkatkan kematangan dan kegembiraan hidup.

4. Kita bisa memecah suatu perubahan dalam beberapa gelombang secara bertahap. Dengan demikian, kita tidak lagi dihadapkan pada satu guncangan besar dalam hidup, tetapi serangkaian perubahan yang dapat kita hadapi dengan sempurna.

Sumber : kumpulan artikel psikologi intisari