Keluar dari zona nyaman menjadi salah satu cara kita berkembang. Meski kita sering takut mencobanya, tetapi sekali kita berhasil melakukannya, kita akan bisa berproses di dalamnya dan mengubah diri menjadi lebih baik.
Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari zona nyaman:

1. Ambil langkah kecil
Lakukan sedikit demi sedikit. Jangan langsung melakukan tindakan besar karena akan membuat kita panik dan segera kembali pada zona nyaman. Ambil langkah kecil sehingga rasa takut pun mudah diatasi. Misalnya kita takut bicara di depan umum, maka ketika ingin bicara di depan umum, mulailah dengan berbicara di kelompok kecil. Kita bisa juga berlatih dalam acara keluarga atau pertemuan kecil antarteman.

2. Berteman dengan para pengambil risiko
Ada beberapa orang yang berani mengambil risiko. Cobalah berteman dengan orang seperti ini. Perhatikan cara mereka mengambil keputusan, bersikap, dan berbicara. Secara tidak langsung akan memengaruhi kita keluar dari zona nyaman.

3. Jangan terlalu serius pada diri sendiri
Sangat manusiawi bila orang berbuat kesalahan. Kesalahan dan kegagalan bisa terjadi ketika kita melakukan hal baru. Belajarlah untuk menertawakan diri sendiri ketika sudah berbuat kesalahan. Jangan terlalu serius pada diri sendiri. Suatu saat nanti semua kegagalan dan kesalahan itu menjadi kenangan berharga yang tak terlupakan.

4. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan
Nikmati semua proses yang kita lakukan. Dalam proses ini orang sering menemukan sisi lain dari dirinya yang tak pernah disadari sebelumnya. Kita pun jadi makin mengenal diri sendiri.

5. Lakukan setiap hari
Ada sebuah kalimat bijak dari Eleanor Roosevelt, “ Lakukan hal yang kamu takuti setiap hari.” Bayangkan ketika kita secara sadar melakukan hal paling menakutkan setiap hari! Tentu ini sebuah tantangan besar. Tapi begitu kita bisa melakukannya sekali dengan mulus, hari-hari berikutnya tidak terlalu sulit.

6. Ubah cara berpikir
Mengubah cara berpikir akan membantu untuk melangkah pada tantangan baru yang ada di depan. Gunakan kalimat positif untuk menyemangati diri setiap hari. Katakan pada diri sendiri, kita harus berubah demi kebaikan diri sendiri.

7. Ubah rutinitas
Setiap orang punya rutinitas yang merupakan bagian dari zona nyaman. Ubah rutinitas ini dengan hal baru. Misalnya, bila setiap hari berangkat lewat jalan A, sekarang putar arah dengan lewat jalan B. Bila pagi hari selalu sarapan dengan nasi goreng, ganti sarapan dengan sereal.

8. Ubah penampilan
Salah satu cara paling sederhana tapi sering kali menakutkan adalah mengubah penampilan. Secara tak langsung, penampilan merupakan cerminan kepribadian kita. Mulai dengan hal kecil, misalnya, bila busana sehari-hari berwarna hitam, ganti dengan warna biru atau putih. Setelah nyaman dengan warna putih, ganti dengan warna lain yang belum pernah dipakai sebelumnya. Bisa juga mengubah potongan rambut. Awalnya akan terasa aneh tapi cara ini secara tidak langsung mengirimkan pesan yang kuat pada diri sendiri kalau kita bisa keluar dari zona nyaman.

9. Temukan hobi baru
Salah satu cara mudah untuk keluar dari zona nyaman adalah mencari hobi baru. Buat sejumlah daftar hobi yang bisa dilakukan tapi tidak pernah dilakukan sebelumnya. Kita bisa mengajak teman atau kerabat untuk melakukannya bersama-sama.

10. Buat bucket list
Bucket list atau daftar keinginan bisa menjadi cara untuk keluar dari zona nyaman. Tulis semua hal yang ingin kita lakukan. Mulai dari hal kecil seperti mengecat rambut hingga hal besar seperti berlibur ke Eropa atau mengambil kuliah S2 . Wujudkan satu per satu bucket list itu.