Kaum muda mungkin bisa menjadi contoh dalam menghadapi perubahan. Di antara perubahan yang begitu dinamis dan cepat, mereka terus beradaptasi, malah terkesan menikmati dan menantikan perubahan. Beberapa bahkan muncul menjadi pelopor perubahan itu sendiri. Kesuksesan transportasi berbasis aplikasi dan layanan e-commerce adalah dua contoh keberhasilan kaum muda melakukan perubahan.

Sosok mereka semakin kuat karena mampu menanggapi perubahan dengan cepat. Karena itu, terus berjiwa muda adalah kunci menghadapi perubahan. Hindari keinginan “bermain aman” karena usia bertambah dan tuntutan kedewasaan. Berjiwa muda tak berarti tidak dewasa, justru membuat kita lebih berani membuat hidup lebih berwarna dan menikmati kehidupan.



Tip Muda Hadapi Perubahan

Langkah-langkah di bawah ini dapat menginspirasi kita berani menghadapi dan melakukan perubahan layaknya kaum muda atau mereka yang berjiwa muda.
1. Tidak pernah berhenti belajar. Jangan merasa paling pintar dan berpengalaman sehingga tidak mau belajar lagi. Selain dari buku, cara mudah mendapatkan ilmu adalah diskusi dengan orang lain termasuk kaum muda.
2. Selalu percaya pada diri sendiri. Percaya diri tinggi membuat kita lebih mudah menguasai kondisi dan situasi.
3. Jangan takut gagal. Saat gagal, kita bisa belajar di mana letak kesalahan yang kita perbuat dan memperbaikinya.
4. Berani. Kaum muda sangat suka tantangan. Tantangan akan menggerakkan dan memacu diri menaklukkan tantangan tersebut. Karena itu, cobalah untuk mencari tantangan atau menantang diri sendiri.
5. Malas. Betul, malas, karena tak jarang ketika bermalas-malasan kita malah kerap menemukan ide-ide kreatif, solusi untuk masalah, atau bahkan konsep perubahan.
6. Tidak peduli orang lain. Dengan mengikuti pendapat dan kata hati sendiri, kita bisa lebih fokus pada apa yang kita lakukan.