Belakangan ini, kita pasti semakin sering menjumpai orang-orang yang ingin menjadi agen perubahan. Sebut saja dalam lingkungan kerja, tempat tinggal, atau yang lebih luas lagi dalam dunia politik, misalnya. Atau mungkin Anda sendiri juga sedang memperjuangkan suatu perubahan? Seseorang kadang mudah tergerak untuk melakukan perubahan atau menjadi agen perubahan, namun cara yang ditempuh mungkin belum tepat.

Hal terpenting yang dibutuhkan untuk menjadi agen perubahan adalah komitmen kuat dari tiap individu. Mengapa demikian? Karena perubahan selalu dimulai dari diri sendiri.

Kita bisa mengambil contoh dari apa yang dilakukan Mahatma Gandhi di India. Ketika India masih dijajah Inggris, Gandhi menjadi pemimpin yang berhasil membawa India menjadi bangsa merdeka. Ia percaya setiap orang harus dapat menjadi pembawa perubahan untuk melihat apa yang mereka inginkan dapat terjadi di dunia ini.

Gandhi dikenal sebagai pemimpin revolusioner. Namun ia berhasil membawa India menjadi bangsa merdeka tanpa memulai sebuah revolusi. Ia bahkan melakukannya tanpa kekerasan sama sekali. Gerakan Satyagraha yang dipimpinnya berhasil membawa perubahan bagi sebuah bangsa yang dahulu terpuruk hingga kini menjadi bangsa yang diperhitungkan dalam peta perdagangan dunia.

Gandhi mengatakan, “In a gentle way you can shake the world,” yang berarti dengan sebuah cara yang lemah lembut Anda dapat mengguncang dunia. Sungguh pemikiran yang berbeda untuk memperjuangkan kemerdekaan. Ada begitu banyak orang yang berjuang dengan demonstrasi dan kekerasan untuk dapat mengubah sesuatu, namun pada akhirnya hal tersebut berakhir sia-sia.

Untuk menjadi agen perubahan, Anda tidak harus berteriak. Tidak pula harus pandai berbicara. Anda tidak harus menjadi terpilih. Tidak pula harus menjadi sangat pandai atau berpendidikan. Komitmenlah yang dibutuhkan. Karena sekali lagi, perubahan selalu dimulai dari diri sendiri.

Lakukan Self Renewal
Jadi, untuk menjadi agen perubahan, tentunya kita mengubah diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengubah orang lain. Jika Anda ingin menjadi individu yang lebih baik, lebih sukses dari saat ini, lakukanlah self renewal atau pembaruan dalam diri sendiri. Jika Anda menginginkan hasil yang berbeda, maka Anda harus mengubah cara lama atau kebiasaan Anda.
Misalnya, mencari tahu kelemahan Anda saat ini kemudian berusaha memperbaikinya. Atau, memperkuat hal-hal yang sudah Anda kuasai. Self renewal sebaiknya dilakukan secara periodik, sehingga semakin hari Anda akan menjadi individu yang semakin baik. Bila Anda sudah bisa melakukan ini, berarti Anda sudah siap mengubah orang lain.
Bagaimanapun, ingatlah bahwa melakukan perubahan dari satu kondisi ke kondisi lain sering menimbulkan ketidaknyamanan meskipun perubahan itu sangat kecil dan sederhana. Bisa dibayangkan bagaimana jika harus melakukan perubahan yang lebih besar? Apalagi jika perubahan itu harus kita lakukan untuk orang lain.
Jadilah agen perubahan yang baik, layaknya wind of change. Lakukan dengan penuh cinta, harapan, kasih, dan sayang agar keharmonisan dan perdamaian dapat terus terjaga hingga ke generasi-generasi selanjutnya.

Sumber: Intisari.com & Kompasiana.com