Tahun baru akan datang. Jika Anda belum memikirkan tentang resolusi, mungkin inilah saatnya. Tahun baru merupakan kesempatan untuk memperbaiki diri, mencoba tantangan baru dan membuat perubahan positif. Inilah empat perubahan positif bisa kita lakukan di 2017:

1. Lebih banyak membaca

Apakah Anda tidak suka membaca dan menganggapnya kegiatan yang membosankan? Mungkin sebenarnya yang terjadi adalah Anda belum menemukan genre buku yang disukai. Membaca buku memberikan banyak manfaat. Faktanya, studi yang dilakukan oleh peneliti dari New School of Social Research menemukan fakta bahwa kemampuan para pembaca fiksi dalam memahami emosi orang lain meningkat. Membaca juga mengenalkan kita kepada kosa kata baru yang diketahui bisa meningkatkan IQ.

2. Mempelajari kemampuan freelance

Jika Anda terjebak pada pekerjaan yang tidak disukai, khawatir tentang masa depan karier atau terlalu bergantung pada posisi saat ini, maka Anda harus mempelajari kemampuan baru yang bisa dilakukan secara freelance. Tidak hanya menghasilkan uang tambahan, namun juga bisa memberikan kebebasan untuk keluar dari pekerjaan Anda. Bekerja mandiri dari mana pun dan mengurangi stres. Mungkin Anda bisa belajar menulis, fotografi, mendesain situs atau manajemen media sosial.

3. Mencoba pengobatan alternatif

Permulaan tahun merupakan kesempatan baik untuk mencoba hal baru yang membawa manfaat di kehidupan kita. Banyak metode pengobatan alternatif di luar sana, yang bisa membuat kita lebih sehat atau mencegah penyakit di masa datang. Daripada mengunjungi psikiater atau psikolog Anda, cobalah sesuatu yang baru. Menurut National Center For Complementary and Integrative Health, akupuntur bisa mengatasi sakit pada leher, punggung dan lutut. Juga bisa mengurangi stress dan sakit kepala. Shiatsu bisa mengurangi energi penghalang, aromaterapi bisa mengurangi stress dan kecemasan, Reiki membantu mengumpulkan energi untuk pemulihan tubuh.

4. Mencoba hal baru

Mencoba hal baru bisa membuka pemikiran dan hati kita dalam memandang dunia. Selain itu, bisa juga membuka pintu dalam hal karier dan kehidupan sosial karena bertemu dengan orang-orang baru. Jangan ragu untuk memulai sesuatu yang baru setiap hari atau minggu. Misalnya, dengan mencoba restoran baru di sekitar rumah Anda, mengunjungi tempat baru, atau mengikuti kelas memasak. Apa pun yang dilakukan, buka pikiran dan jangan batasi diri. Anda mungkin kan terkejut dengan hal baru yang Anda temukan!

Itulah empat perubahan positif yang bisa kita lakukan di 2017. Apakah Anda siap mencobanya?


Sumber : Intisari