Kepercayaan diri selalu dirasa sulit dimunculkan. Padahal sikap ini dibutuhkan, terutama untuk menumbuhkan kepemimpinan dalam diri. Bila Anda termasuk yang cukup minder di pergaulan sosial, Anda sebenarnya bisa melatih kepercayaan diri ini dengan beberapa langkah sederhana.


Senyuman
Langkah sederhana untuk menumbuhkan kepercayaan diri adalah senyuman. Dengan tersenyum Anda akan mengurangi sedikit kegugupan Anda.

Tersenyum erat hubungannya dengan perasaan positif. Dengan tersenyum Anda akan nyaman dan membuat lingkungan di sekitar Anda juga nyaman.

Menatap Mata Lawan Bicara
Tatap mata lawan bicara Anda. Jangan lupa imbuhi dengan senyuman. Dijamin perasaan kurang nyaman akan berubah lebih cair.

Langkah sederhana ini cukup berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat wawancara kerja. Tidak kalah pentingnya, saat presentas pun langkah menatap mata lawan bicara mampu jadi jurus tangguh.

Berpikir Positif
Berpikir positif merupakan kunci meningkatkan rasa percaya diri. Rasa minder seringkali berasal dari pikiran negatif dari diri sendiri. Usahakan menggali hal-hal positif dalam diri Anda, jangan pernah merasa rendah diri.

Miliki Penilaian Pribadi
Setiap orang memiliki penilaian pribadi terhadap segala hal. Ada yang menilai teh hangat enak disajikan pagi hari. Ada pula yang menilai teh hangat justru tepat untuk sajian sore.

Dengan memiliki penilaian pribadi, Anda menjadi individu yang unik dan tidak tergantung penilaian orang lain. Dengan begitu Anda akan menumbuhkan sikap percaya diri yang kuat.

Latih Kemampuan Bicara
Kemampuan berbicara seringkali lekat dengan sikap percaya diri. Namun kemampuan ini bukan hanya sekadar bakat. Kemampuan bicara justru bisa dilatih agar lebih baik.

Bicaralah perlahan dan jelas. Berhentilah beberapa saat di kalimat-kalimat penting. Ini akan membantu Anda memikirkan langkah selanjutnya. Pendengar pun lebih mudah mencerna pembicaraan Anda.

Ambil Sebuah Tindakan
Apakah Anda aktif di kelas? Apakah Anda melontarkan ide brilian di rapat? Atau Anda melemparkan lelucon di tengah perbincangan dengan teman? Bila tidak, ini saatnya ambil bagian.

Dengan mencoba ikut berpartisipasi di dalam sebuah kelompok Anda melatih kepercayaan diri Anda. Tidak ada gunanya Anda melatih sikap percaya diri bila tidak digunakan bersosialisasi dan berbagi dengan orang lain.